Article

Manfaat Outdoor Education untuk Perkembangan Anak

Manfaat Outdoor Education untuk Perkembangan Anak

Alam memberikan banyak manfaat seumur hidup dalam hal kesehatan fisik, kesehatan mental, dan kompetensi akademik. Paparan Vitamin D yang sehat meningkatkan kesehatan tulang dan membantu meminimalkan masalah terkait diabetes dan penyakit jantung. Bahkan bermain dengan tanah telah terbukti mengurangi kecemasan dan tingkat stres pada anak-anak.

Memperkenalkan berbagai lingkungan alami kepada anak-anak dapat membantu mereka untuk berfikir melampaui lingkungan sehari-hari mereka dan membangun perspektif yang lebih luas. Dengan metode Experiential Education yang mengacu pada pembelajaran dan pendidikan berbasis alam meningkatkan kinerja akademik dan pemikiran kritis anak. 

Namun, anak-anak sekarang menghabiskan waktu di luar ruangan lebih sedikit daripada sebelumnya. Sebuah studi pada tahun 2018 di Inggris mengungkapkan bahwa anak-anak menghabiskan sekitar empat jam di luar ruangan per minggu, kira-kira 50% lebih sedikit dibandingkan dengan orang tua mereka saat masih anak-anak. Ketika anak-anak tidak keluar rumah, mereka kehilangan pengalaman berharga yang dapat memperkaya perkembangan fisik, kognitif, dan mental mereka.

Program Outdoor Education Jelajah Outdoor memberikan manfaat untuk kesehatan fisik, mental serta ketrampilan baru untuk anak-anak.

Alam mengajarkan anak-anak untuk lebih memahami tentang dunia dan kehidupan mereka

Meningkatkan kesehatan tubuh

Manfaat Outdoor Education untuk Perkembangan Anak.

Pembelajaran di luar ruangan menawarkan berbagai manfaat kesehatan fisik bagi anak-anak. Berada di luar ruangan memungkinkan anak-anak berolahraga dan tetap aktif, yang dapat membantu mereka menjaga tingkat kebugaran yang sehat dan mengembangkan otot yang kuat. Selain itu, aktivitas di luar ruangan dapat membantu meningkatkan koordinasi dan keterampilan motorik, serta meningkatkan fleksibilitas. Paparan alam juga membantu mengurangi tingkat stres pada anak-anak, yang sangat penting untuk kesejahteraan keseluruhan mereka. Akhirnya, pembelajaran di luar ruangan memberi anak-anak kesempatan untuk menjelajahi berbagai lingkungan dan belajar tentang dunia di sekitar mereka, membantu mereka menghargai alam yang diharapkan dapat berlanjut hingga dewasa dan generasi mendatang.

Perbaikan Perkembangan kognitif

Perbaikan perkembangan kognitif dari kegiatan di luar ruangan dapat membantu anak-anak dalam berbagai cara. Kegiatan luar ruangan dapat membantu anak-anak mengembangkan keterampilan pemecahan masalah saat mereka menghadapi berbagai tantangan dan tugas. Pembelajaran langsung di ruang terbuka menyediakan tingkat pembelajaran yang berbeda dari kelas dan dapat berguna untuk menghadapi tantangan dunia nyata yang mungkin dihadapi anak-anak ini di masa depan.

Selain itu, pembelajaran di luar ruangan dapat meningkatkan kreativitas dan imajinasi, memungkinkan anak-anak untuk mengeksplorasi ide-ide baru dan menemukan solusi yang inovatif. Hal ini penting untuk perkembangan masa depan karena mereka akan menghadapi banyak tantangan, dan kemampuan berpikir cepat dan kreatif dapat memberikan manfaat yang luar biasa. Akhirnya, pembelajaran di luar ruangan membantu meningkatkan perkembangan bahasa dan keterampilan literasi dengan menyediakan peluang untuk interaksi verbal dan bercerita. Terlibat dalam ruang yang mendukung komunikasi dan kolaborasi akan memungkinkan anak-anak ini memperoleh keterampilan penting tersebut sehingga mereka dapat berlatih dan meningkat seiring waktu, sehingga mereka siap menghadapi situasi yang membutuhkan kemampuan verbal dan bercerita yang kuat.

Meningkatkan perkembangan sosial

Belajar di luar ruangan juga dapat membantu anak-anak meningkatkan perkembangan sosial mereka dengan memberi mereka kesempatan untuk berinteraksi dengan teman sebaya dan orang dewasa dalam berbagai cara. Ini bisa sulit bagi anak-anak di sekolah, tetapi dengan memperbolehkan mereka belajar melalui kegiatan fisik yang memperlakukan pembelajaran seperti bermain dan menggunakan kegiatan yang membutuhkan bantuan dari teman sebaya, mereka dapat lebih siap untuk melewati situasi sosial yang sulit yang mungkin mereka hadapi saat dewasa. Dengan berpartisipasi dalam kegiatan di luar ruangan, anak-anak dapat belajar cara berkompromi, memecahkan masalah secara kolaboratif, bergantian, berbagi, dan menghormati pendapat orang lain. Mereka juga dapat mengembangkan empati terhadap alam saat mereka menjelajahinya dan membangun hubungan dengan makhluk hidup seperti tanaman dan hewan.

Pendidikan tentang lingkungan

Salah satu keuntungan terbesar dari pembelajaran di luar ruangan adalah memberikan ruang ideal untuk pendidikan lingkungan. Anak-anak dapat belajar tentang flora dan fauna di daerah lokal mereka, serta memahami pentingnya menjaga lingkungan. Ini adalah alat yang sangat berharga yang dapat mereka bawa sepanjang hidup mereka. Dengan berpartisipasi dalam kegiatan di luar ruangan, anak-anak dapat menjadi lebih sadar akan bagaimana tindakan mereka berkontribusi terhadap kesehatan dan kesejahteraan ekosistem lokal mereka. Memahami faktor-faktor penting ini sejak dini dapat membantu mereka tumbuh dengan lebih menghargai ruang, orang, dan makhluk hidup di sekitar mereka.

Meningkatkan Kesehatan Mental

Akhirnya, pembelajaran di luar ruangan memiliki berbagai manfaat kesehatan mental bagi anak-anak. Berada di luar ruangan dalam alam membantu mengurangi tingkat stres, yang dapat menyebabkan peningkatan suasana hati. Ini juga dapat membantu anak-anak mengembangkan rasa percaya diri yang lebih baik, karena kegiatan di luar ruangan mendorong mereka untuk mengambil risiko dan menghadapi tantangan dalam lingkungan yang aman. Pembelajaran di luar ruangan menciptakan kesempatan bagi anak-anak untuk bersenang-senang, mengeksplorasi imajinasi mereka, dan terhubung dengan alam dengan cara yang kegiatan dalam ruangan tradisional tidak bisa.

Dengan berpartisipasi dalam kegiatan di luar ruangan, anak-anak dapat memperoleh berbagai manfaat kesehatan fisik, kognitif, sosial, dan kesehatan mental yang akan membantu mereka tumbuh dan berkembang. Pembelajaran di luar ruangan memberi anak-anak kesempatan untuk menjelajahi alam, belajar keterampilan baru, membangun hubungan dengan teman sebaya dan orang dewasa, mengembangkan empati terhadap ekosistem lokal mereka, dan mengurangi tingkat stres. Dengan kegiatan di luar ruangan menjadi lebih mudah diakses dari sebelumnya, orang tua sebaiknya memanfaatkan manfaat pembelajaran di luar ruangan dan memberikan anak-anak mereka kesempatan untuk menjelajahi, belajar, dan tumbuh di alam terbuka.

Program Outdoor Education Jelajah Outdoor memberikan manfaat untuk kesehatan fisik, mental serta ketrampilan baru untuk anak-anak.